Monday, May 12, 2014

Memperbaiki Bootloop Karena Ganti Font Android

Memperbaiki Bootloop Karena Ganti Font Android - Ganti font berakibat bootloop bisa saja terjadi. Hal ini biasanya sering dialami oleh kebanyakan pengguna Ice Cream Sandwich atau Jelly Bean. Dibanding dengan user Gingerbread, problem nya lebih banyak di ICS+.

Yakni kasusnya sama seperti yang dialami oleh pelanggan saya. Menjelang maghrib tadi ia datang kerumah dengan membawa Xperia Tipo berwarna putih tanpa memori eksternal miliknya disertai sebuah USB kabel data yang ia genggam sejak ia baru bertemu dengan saya. Entah apa maunya, apa ia minta flashing ulang karena bootloop akibat ganti font atau minta ROM Android nya dibackup saya juga kurang paham yang jelas Tipo nya bootloop.

Sebetulnya cara memperbaiki bootloop karena ganti font Android mudah. Jangan keburu flashing ulang dulu, jangan juga keburu Wipe Data. Tanpa kedua hal yang saya sebut tadi, masih ada cara yang lain yang pastinya tidak merugikan anda sama sekali.

Masih ingat dengan artikel saya soal Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System? Disana saya sebut bahwa ada sebuah ZIP Installer bernama Simple Flashable Restore V1 ecek-ecekan editan saya sendiri (bukan buatan saya :p hanya saya edit sedikit) yang fungsinya sebagai file injector Android. Kita bisa memasukkan file apa saja kedalam system Android dengan ZIP Installer tersebut.

Kaitannya dengan memperbaiki bootloop karena ganti font Android, secara prinsip kalau font nya diganti otomatis konfigurasi di Android berubah memakai font yang baru. Sedangkan font yang baru itu tadi saja tidak bisa sinkron dengan system Android yang berakibat bootloop. Maka dari itu, dengan Simple Flashable Restore V1 kita inject ulang saja font inti nya. Yaitu Roboto-Regular.ttf.

Memperbaiki Bootloop Karena Ganti Font Android

Font Roboto-Regular.ttf yaitu font standard bawaan Android. Dengan masuknya font Roboto-Regular.ttf ke system Android, maka konfigurasi font nya juga akan berubah lagi seperti semula.

Merubah font Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean tidak bisa sembarangan. Hal itu pernah saya bahas di Tutorial Cara Mengganti Font Android Jelly Bean. Font Android dengan font biasa classification nya berbeda. Sebetulnya hanya itu permasalahannya yang mengakibatkan bootloop. *Terkecuali untuk Gingerbread kebawah, itu tidak menjadi masalah*. Bila ini terjadi kepada anda, silahkan flash fontRoboto-Regular.ttf menggunakan Simple Flashable Restore V1. Font tersebut bisa anda ambil dari ROM / Custom ROM apa saja. Cara flashing nya, yang pasti harus ada CWM Recovery. Beres :)

0 comments:

Post a Comment