Saturday, April 19, 2014

Pengertian dan Cara Mengatasi Heartbleed Pada Akun & Android Agan

Belakangan ini apa agan pernah mendengar tentang isu di Internet tentang Heartbleed ? bagaimana media luar seperti Mashable dan media lokal seperti Kompas, detik dan yang lainnya menyebutkan bahwa kita diwajibkan untuk mengganti password sejumlah akun website dan social media seperti facebook dan gmail ?

nah isu ini sebenarnya sudah lama sekali beredar sejak tahun 2011 silam, namun nampaknya pada tahun itu banyak pihak yang tidak merespon akan adanya heartbleed ini.Apasih Heartbleed itu ?, Bagaimana Cara mencegah serangan heartbleed ? dan Situs apa saja yang terkena dampak heartbleed. silahkan disimak dengan baik.

Sebuah kegagalan enkripsi bernama Heartbleed telah berhasil memanggil salah satu celah keamanan terbesar di Internet yang pernah kita temui. hal ini menular terhadap beberapa situs besar dan pelayanannya dimana mungkin setiap hari kita memakainya, seperti Gmail, dan Facebook dan mungkin akibat hal ini, data pribadi kita seperti password dan nomor credit card dapat terlihat oleh pihak - pihak tertentu.

Nah gara - gara heartbleed ini juga perusahaan rahasia besar yang menggunakan Open SSL juga kemungkinan besar akan dapat diretas oleh kracker yang menggunakan "kunci Digital" untuk dapat masuk ke sistem mereka. wah kalau seperti ini tentunya akan menjadi suatu masalah yang sangat serius sekali dimana orang yang tidak bertanggung jawab dapat dengan mudah memanfaatkan dan menyalahgunakan data kita untuk keperluan mereka.
 
Bagaimana Cara Melindungi dan Mencegah Heartbleed ?





  • Langkah Pertama, silahkan cek apakah situs yang biasa anda gunakan terinfeksi oleh bug ini atau tidak. jika anda mau mengecek daftar panjang website yang terkena dampaknya , anda bisa bisa mengecek situs tersebut dengan Heartbleed Checker yang di buat oleh password security LastPass. disitu anda bisa memasukan alamat website yang ingin anda cek.


  • Selanjutnya, ganti password akun , email, banking pada website yang terinfeksi oleh heartbleed namun website tersebut harus sudah melakukan patch terhadap heartbleed. jika website tersebut belum melakukan patch, tentunya akan sulit karena percuma kita mengganti password kecuali kita menanyakan kepada pihak website tersebut untuk segera melakukan patch terhadap sistem keamanan mereka.


  • Yang penting diperhatikan adalah website yang memiliki informasi penting diri kita seperti Yahoo, facebook dan Gmail. dimana pengguna diharuskan melakukan pergantian password mereka jika mereka memiliki data yang dirasa penting dan sangat rahasia.
  •  
  • Cara Mengatasinya

    Jika kamu menggunakan Android pastikan kamu download Lookout untuk melindungi perangkat kamu.



    Lookout telah merilis versi terbarunya di Google Play Store dimana memudahkan pengguna untuk mengecek dan memastikan bahwa Android mereka terkena Heartbleed atau tidak. Aplikasi bernama Heartbleed Detector, akan mengecek versi dari OpenSSL yang berjalan di Android kamu, dan berdasarkan informasi tersebut kamu akan mengetahui apakah Android kamu terinfeksi atau tidak. Heartbleed Detector milik Lookout ini, tidak akan membersihkan atau memperbaiki masalah, karena fungsinya hanya sebagai pendeteksi apakah kamu terinfeksi oleh bug ini.

    Kesimpulannya Heartbleed Detector akan membantu kamu menemukan apa saja yang telah diambil oleh Heartbleed di Android kamu. Jika Android kamu belum mendapat update patch, segera lakukan pengecekan agar kamu terhindar dari Heartbleed ini. Jadi untuk itu segera download Lookout Heartbleed Detector dan install di Android kamu


    Download Heartbleed detector VIA PlayStore
    Download antivirus lookout VIA PlayStore

     

0 comments:

Post a Comment